Weekly Journal

Ingin Rutin Donor Darah? Lakukan 5 Gaya Hidup Sehat Ini

Gaya Hidup Sehat untuk Donor Darah

Berikut pola hidup sehat yang penting dilaksanakan sebagai penyiapan sebelum donor darah:

1. Konsumsi makanan yang sehat
Makan dengan teratur saat sebelum mendonor akan menolong jaga kandungan gula darah kamu masih tetap konstan. Ini penting supaya kamu tidak merasakan pusing sesudah donor darah. Kamu bisa juga konsumsi cemilan saat sebelum menyumbangkan darah untuk jaga gula darah.

Pastikan juga badan mendapatkan konsumsi zat besi, seperti dari daging atau sayur berdaun hijau. Hal tersebut akan menolong keadaan selengkapnya badanmu masih tetap bugar sepanjang dan sesudah menyumbang. Jauhi konsumsi makanan banyak mengandung lemak saat sebelum donor, seperti hamburger, es cream, atau kentang goreng.

2. Minum yang cukup
Selainnya makan, minum cairan yang cukup juga sangat penting saat sebelum donor darah. Masalahnya nyaris 1/2 dari darah yang kamu sumbangkan terbagi dalam air. Jumlahnya cairan yang lenyap sepanjang donor dapat mengakibatkan tekanan darah turun, hingga kamu akan merasa pusing dan ingin tidak sadarkan diri.

Nach, untuk menghambat hal tersebut terjadi, kamu disarankan untuk minum 500 ml air saat sebelum kamu lakukan donor darah. Bukan hanya saat sebelum donor saja, juga penting untuk pastikan badan kamu terhidrasi secara baik pada beberapa hari mendekati bantuan.

Pola hidup sehat itu akan menolong mengkompensasi cairan yang lenyap sepanjang bantuan, dan menolong kembalikan tingkat volume darah jadi normal.

Ingat, jauhilah konsumsi alkohol sebelum dan setelah donor darah. Karena dapat mempengaruhi tingkat hidrasi dan menghalangi rekondisi.

3. Jauhi olahraga berat
Di hari donor darah, kamu seharusnya tidak lakukan olahraga berat atau mengusung barang berat baik, sebelum dan setelah menyumbang darah. Kebalikannya, kamu perlu istirahat supaya badan memiliki peluang untuk isi lagi cairan yang lenyap sepanjang bantuan. Hal tersebut akan menolong kamu menghambat pusing, hingga kamu masih tetap sehat sesudah menyumbang.

Lakukan olahraga enteng, seperti jalan kaki, sah-sah saja. Tetapi, kamu harus memastikan untuk telah betul-betul sembuh dan terhidrasi saat sebelum donor darah.

Dan pada beberapa hari biasa, kamu disarankan untuk olahraga dengan teratur. Maksudnya untuk jaga keadaan fisik masih tetap sehat dan menambah energi jika ingin menyumbang darah dengan teratur.

4. Tidur yang memadai setiap malam
Kamu disarankan untuk tidur malam yang cukup, sekitaran 7-9 jam, saat malam saat sebelum donor darah. Pola hidup sehat ini perlu dilaksanakan setiap hari, karena sanggup jaga keadaan badan masih tetap sempurna jika ingin menyumbang darah dengan teratur. Dengan demikian, dampak negatif kamu untuk alami efek yang tidak diharapkan karena donor darah akan menyusut.

5. Check beberapa obat yang dimakan
Coba check adakah obat yang kamu konsumsi yang dapat menghambatmu untuk menyumbang darah. Contohnya, jika kamu ingin mendonorkan trombosit, kamu jangan konsumsi aspirin sepanjang 2 hari saat sebelum donor darah. Tetapi ingat, berbicaralah lebih dulu sama dokter saat sebelum kamu stop meminum obat apa pun itu.

Tersebut pola hidup sehat untuk orang yang ingin donor darah dengan teratur. Jika kamu ingin menanyakan selanjutnya tentang donor darah atau memiliki keluh kesah kesehatan, kontak dokter saja lewat program Halodoc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *